DOMAIN PEMBELAJARAN TAKSONOMI BLOOM: AFEKTIF

Domain pembelajaran Taksonomi Bloom
Pada tahun 1956, seorang psikolog pendidikan dari Amerika Serikat yaitu,Benjamin S.Bloom, mengemukakan taksonomi untuk tujuan pendidikan. Taksonomi nya ia bagi menjadi 3 ranah (domain/kawasan). Dalam masing-masing ranah memiliki spesifikasi dan tujuan tertentu yang menurut ia sangat berpengaruh pada pendidikan.
Pada postingan saya sebelumnya saya sudah membahas ranah kognitif, masih ada 2 ranah lagi yang saya akan bahas yaitu Afektif dan Psikomotor.

Berikut 3 domain(ranah) tersebut




Dimana penjelasan singkatnya ialah seperti ini
ü Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
ü Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
ü Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Saya akan menjelaskan tiap ranahnya dalam satu postingan yang berbeda-beda.
Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas iyalah ranah Afektif.
Ranah afektif berkenaan dengan sikap dan nilai. Beberapa ahli mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya, bila seseorang telah memiliki penguasaan kognitif tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar afektif kurang mendapat perhatian dari guru. Dalam menilai hasil belajar siswa para guru lebih banyak mengukur siswa dalam penguasaan aspek kognitif. Tipe hasil belajar afektif tampak pada siswa dalam berbagai tingkah laku seperti perhatiannya terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, menghargai guru dan teman sekelas, kebiasaan belajar, dan hubungan sosial. Sekalipun bahan pengajaran berisi ranah kognitif, ranah efektif harus menjadi bagian integral dari bahan tsb dan harus tampak dalam proses belajar dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa.    



 PENJELASAN:
®  PENERIMAAN (receiving)
Penerimaan adalah semacam kepekaan dalam menerima rangsanagn atau stimulasi dari luar yang datang pada diri peserta didik. Hal ini dapat dicontohkan dengan sikap peserta didik ketika mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dimana mereka bersedia menerima nilai-nilai yang diajarkan kepada mereka dan mereka memiliki kemauan untuk menggabungkan diri atau mengidentifikasi diri dengan nilai itu.
®  TANGGAPAN (Responding)
menanggapi adalah suatu sikap yang menunjukkan adanya partisipasi aktif untuk mengikutsertakan dirinya dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi terhadapnya dengan salah satu cara. Contoh : peserta didik mengerjakan tugas dengan tepat waktu

®  PENILAIAN (Valuing)
Peserta didik tidak hanya mau menerima nilai yang diajarkan akan tetapi berkemampuan pula untuk menilai fenomena itu baik atau buruk. Hal ini dapat dicontohkan dengan bersikap jujur dalam kegiatan belajar mengajar serta bertanggungjawab terhadap segala hal selama proses pembelajaran.

®  ORGANISASI/MENGELOLA (Organization)
Peserta didik mampu mengelola dengan mandiri informasi-informasi yang ia dapatkan dan pengetahuan-pengetahuan dan dapat mengelolanya dengan baik secara sistematis. Dapat dicontohkan dengan kemampuan menimbang akibat positif dan negatif dari suatu kemajuan sains terhadap kehidupan manusia.
®  Karakteristik (Characterization)
Dapat mengendalikan tingkah laku diri sendiri. Kategori ini berkenaan dengan keterpaduan semua sistem nilai yang telah dimiliki seseorang yang mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah lakunya. Proses internalisais nilai menempati urutan tertinggi dalam hierarki nilai. Hal ini dicontohkan dengan bersedianya mengubah pendapat jika ada bukti yang tidak mendukung pendapatnya.





Afektif yang sudah terinternalisasi dalam diri saya.

1.      Penerimaan, bahwa saya sudah dapat menerima dan bersedia mendengaarkan jika guru/dosen sedang menjelaskan materi-materi didalam kelas,dan tidak hanya guru, jika ada teman saya sedang memaparkan materi saya pun harus mendengarkannya.
2.    Tanggapan , Saya sudah dapat mengerjakan tugas secara mandiri maupun berkelompok dan menyelesaikannya dengan taepat wakatu,dan saya terkadang memiliki pertanyaan-pertanyaan yang saya tannyakan kepada teman saya maupun dosen.
3.     Penilaian , menerapkan bersikap jujur kepada orang tua, dosen dan teman. Mencoba tidak ada sesuatu yang di tutup tutupi.dan saya mampu bertannggung jawab atas apa yang sudah saya lakukan.
4.      Pengelolaan, saya bisa mengelola keuangan saya dan saya sudaha dapat mengelola waktu saya untuk bersama keluarga dan bersama teman teman
5.     Karakteristik , saya terbiasa jika ingin pergi mengucapkan salam begitu juga jika baru daatang. Izin kepada orang tua jika hendak pergi. Mengajak bermain dan menngajari adik saya jika sudah pulang kuliah.

Komentar