DOMAIN PEMBELAJARAN TAKSONOMI BLOOM : PSIKOMOTOR

Domain pembelajaran Taksonomi Bloom
Pada tahun 1956, seorang psikolog pendidikan dari Amerika Serikat yaitu,Benjamin S.Bloom, mengemukakan taksonomi untuk tujuan pendidikan. Taksonomi nya ia bagi menjadi 3 ranah (domain/kawasan). Dalam masing-masing ranah memiliki spesifikasi dan tujuan tertentu yang menurut ia sangat berpengaruh pada pendidikan.
Pada postingan saya sebelumnya saya sudah membahas ranah kognitif dan afektif. Nah ranah terakhir yaitu psikomotor,  yang saya akan bahas.
Berikut 3 domain(ranah) tersebut:





Dimana penjelasan singkatnya ialah seperti ini
ü Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
ü Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
ü Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.

Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas ranah terakhir dari taksonomi bloom iyalah ranah Psikomotor.

Ranah ini meliputi kompetensi melakukan pekerjaan dengan melibatkan anggota badan serta kompetensi yang berkaitan dengan gerak fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan interperatif. anah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).



“APA YANG MEMBUAT ANDA TIDAK BISA MELUKIS DIRI ANDA SENDIRI?”


®Karena saya masih belum mendapatkan gambaran yang jelas dari orang sekitaran saya,bagaimana mereka melihat saya dan terutama saya masih belum mengenali diri saya secara menyeluruh.
®Kemampuan  saya dalam kesenian gambar atau melukis masih sangaat kurang.
®Sesungguhnya kemampuan saya untuk melihat fisik saya secara keseluruhan dan detail masih kurang,diperlukannya bantuan dari orang orang sekitar.

Komentar