Domain pembelajaran Taksonomi
Bloom
Pada
tahun 1956, seorang psikolog pendidikan dari Amerika Serikat yaitu,Benjamin
S.Bloom, mengemukakan taksonomi untuk tujuan pendidikan. Taksonomi nya ia bagi
menjadi 3 ranah (domain/kawasan). Dalam masing-masing ranah memiliki
spesifikasi dan tujuan tertentu yang menurut ia sangat berpengaruh pada
pendidikan.
Pada
postingan saya sebelumnya saya sudah membahas ranah kognitif dan afektif. Nah ranah
terakhir yaitu psikomotor, yang saya
akan bahas.
Berikut 3 domain(ranah) tersebut:
Dimana penjelasan singkatnya ialah seperti ini
ü Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi
perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan,
pengertian, dan keterampilan berpikir.
ü Affective Domain (Ranah Afektif) berisi
perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat,
sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
ü Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi
perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan
tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas
ranah terakhir dari taksonomi bloom iyalah ranah Psikomotor.
Ranah ini meliputi kompetensi melakukan pekerjaan
dengan melibatkan anggota badan serta kompetensi yang berkaitan dengan gerak
fisik (motorik) yang terdiri dari gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar,
kemampuan perseptual, ketepatan, keterampilan kompleks, serta ekspresif dan
interperatif. anah psikomotor
merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan
bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar
psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif
(memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk
kecenderungan-kecenderungan berperilaku).
“APA YANG
MEMBUAT ANDA TIDAK BISA MELUKIS DIRI ANDA SENDIRI?”
®Karena saya masih
belum mendapatkan gambaran yang jelas dari orang sekitaran saya,bagaimana
mereka melihat saya dan terutama saya masih belum mengenali diri saya secara
menyeluruh.
®Kemampuan saya dalam kesenian gambar atau melukis masih
sangaat kurang.
®Sesungguhnya
kemampuan saya untuk melihat fisik saya secara keseluruhan dan detail masih
kurang,diperlukannya bantuan dari orang orang sekitar.
Komentar
Posting Komentar