PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM

PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM

Pada kesempatatan kali ini saya akan mambahas pembelajaran sebagi sistem. Sebelum kita bahas lebih jauh,sebaiknya kita mengetahui pengertian pembelajaran dan sistem itu apa
pengertian pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Lalu,kenapa harus ada pembelajaran sih?
Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Hal ini didasarkan berbagai pendapat tentang makna tujuan pembelajaran atau tujuan instruksional.
Kemudian setelah mengetahui pengertian pembelajaran, kita perlu mengetahui pengertian sistem.
Pengertian sistem secara umum adalah suatu paduan yang terdiri dari beberapa unsur yang tergabung satu sama lain agar mempermudah laju aliran informasi, energi ataupun materi hingga dapat mencapai tujuan tertentu.

pembelajaran merupakan suatu sistem bahwa komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya merupakan suatu kesatuan yang mempunyai hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/ fungsi sistem pembelajaran tersebut. jadi yang dimaksud pembelajaran sebagai suatu sistem adalah cara memendang pembelajaran itu sendiri sebagai sesuatu secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah



   


 
\                           Kemudian berikut komponen-komponen pembelajaran sebagai sistem





Ø INPUT
1.      KURIKULUM
Kurikulum adalah peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
2.      PESERTA
Peserta didik yang akan bersedia mengikuti kegiatan pembelajaran,sesuai dengan kurikulum yang ada.

3.      PENGAJAR
guru atau pengajar berperan dalam pembentukan pendidikan , mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih yang profesional.  dapat menentukan berbagai langkah dalam memanfaatkan sumber dan fasilitas yang ada.

4.      SARANA & PRASARANA
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan lain sebagainya. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran, misalnya jalan menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil dan lain sebagainya. Kelengkapan sarana dan prasarana akan membantu guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sarana dan prasarana merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.




Ø PROSES
·        Materi pelajaran Isi atau materi pelajaran merupakan komponen  dalam sistem pembelajaran. Dalam konstek tertentu, materi pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran. Artinya, sering terjadi proses pembelajaran diartikan sebagai proses penyampaian materi.
·        Metode atau strategi pembelajaran Metode atau strategi pembelajaran adalah komponen yang juga mempunyai fungsi yang sangat menentukan. Keberhasilan pencapaian tujuan sangat ditentukan oleh komponen ini. Bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa dapat diimplementasikan melalui strategi yang tetap maka komponen-komponen tersebut tidak akan memilki makna dalam proses pencapaian tujuan.
·        Media walaupun fungsinya sebagai alat bantu akan tetapi memiliki peran yang tidak             kalah pentingnya. Dalam kemajuan teknologi seperti sekarang ini memungkinkan siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja dengan menfaatkan hasil-hasil teknologi. Oleh karena itu peran dan tugas guru bergeser dari peran sebagai sumber belajar menjadi pengelola sumber belajar.   
·        Evaluasi merupakan komponen terakhir dalam sistem proses pembelajaran. Evaluasi bukan saja berfungsi untuk melihaat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, akan tetapi juga berfungsi sebagai umpan balik bagi guru atas kinerjanya dalam pengelolaan pembelajaran. Melalui evaluasi ini kita dapat melihat kekurangan dalam pembelajaran berbagai komponen sistem pembelajaran.
·        PBP(Proses Belajar Pembelajaran) Lingkungan pembelajaran merupakan komponen PBP yang sangat penting demi suksesnya belajar siswa. Lingkungan ini mencakup lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan psikologis pada waktu PBP berlangsung.

Ø OUTPUT
·   UMPAN BALIK (FEEDBACK)
Setelah mempelajari & dapat penngetahuan dari pengajar, peserta diharapkan mampu memahami materi apa saja yang di berikan dari pengajar,dan tentu juga peserta dapat menguasai dan di aplikasi kan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut terjadi maka sudah terjadilah (feedback) antara input dan output.


KESIMPULAN
Pembelajaran merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen- komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan laboratorium,buku-buku yang dapat memenuhi prose KBM,dll. Kesemuanya itu saling mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.
    

AZMIRA MAULIDINA
1101617078
TEKNOLOGI PENDIDIKAN/C
    


Komentar