PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM
Pada kesempatatan
kali ini saya akan mambahas pembelajaran sebagi sistem. Sebelum kita bahas
lebih jauh,sebaiknya kita mengetahui pengertian pembelajaran dan sistem itu apa
pengertian
pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi
proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta
pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Lalu,kenapa harus ada
pembelajaran sih?
Tujuan pembelajaran
adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai
oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu. Hal ini
didasarkan berbagai pendapat tentang makna tujuan pembelajaran atau tujuan
instruksional.
Kemudian setelah
mengetahui pengertian pembelajaran, kita perlu mengetahui pengertian sistem.
Pengertian sistem
secara umum adalah suatu paduan yang terdiri dari beberapa unsur yang tergabung
satu sama lain agar mempermudah laju aliran informasi, energi ataupun materi
hingga dapat mencapai tujuan tertentu.
pembelajaran
merupakan suatu sistem bahwa komponen-komponen pembelajaran yang terdiri dari
tujuan, subyek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media
pembelajaran, dan komponen penunjang lainnya merupakan suatu kesatuan yang mempunyai
hubungan fungsional dan berinteraksi secara dinamis untuk mencapai tujuan/
fungsi sistem pembelajaran tersebut. jadi yang dimaksud pembelajaran sebagai
suatu sistem adalah cara memendang pembelajaran itu sendiri sebagai sesuatu
secara sistematik dan menyeluruh, tidak terpisah-pisah
|
\ Kemudian berikut
komponen-komponen pembelajaran sebagai sistem
Ø INPUT
1.
KURIKULUM
Kurikulum
adalah peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu
lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan
diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.
2.
PESERTA
Peserta didik yang akan bersedia
mengikuti kegiatan pembelajaran,sesuai dengan kurikulum yang ada.
3.
PENGAJAR
guru atau pengajar berperan dalam
pembentukan pendidikan , mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih yang
profesional. dapat menentukan berbagai
langkah dalam memanfaatkan sumber dan fasilitas yang ada.
4.
SARANA &
PRASARANA
Sarana adalah segala sesuatu yang
mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya
media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah dan lain
sebagainya. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak
langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran, misalnya jalan
menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil dan lain sebagainya.
Kelengkapan sarana dan prasarana akan membantu guru dalam menyelenggarakan
proses pembelajaran, dengan demikian sarana dan prasarana merupakan komponen
penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.
Ø PROSES
·
Materi
pelajaran Isi atau materi pelajaran merupakan komponen dalam sistem pembelajaran. Dalam konstek
tertentu, materi pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran. Artinya,
sering terjadi proses pembelajaran diartikan sebagai proses penyampaian materi.
·
Metode atau
strategi pembelajaran Metode atau strategi pembelajaran adalah komponen yang
juga mempunyai fungsi yang sangat menentukan. Keberhasilan pencapaian tujuan
sangat ditentukan oleh komponen ini. Bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen
lain, tanpa dapat diimplementasikan melalui strategi yang tetap maka
komponen-komponen tersebut tidak akan memilki makna dalam proses pencapaian
tujuan.
·
Media walaupun
fungsinya sebagai alat bantu akan tetapi memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Dalam kemajuan
teknologi seperti sekarang ini memungkinkan siswa dapat belajar dari mana saja
dan kapan saja dengan menfaatkan hasil-hasil teknologi. Oleh karena itu peran
dan tugas guru bergeser dari peran sebagai sumber belajar menjadi pengelola
sumber belajar.
·
Evaluasi
merupakan komponen terakhir dalam sistem proses pembelajaran. Evaluasi bukan
saja berfungsi untuk melihaat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran,
akan tetapi juga berfungsi sebagai umpan balik bagi guru atas kinerjanya dalam
pengelolaan pembelajaran. Melalui evaluasi ini kita dapat melihat kekurangan
dalam pembelajaran berbagai komponen sistem pembelajaran.
·
PBP(Proses
Belajar Pembelajaran) Lingkungan pembelajaran merupakan komponen PBP yang
sangat penting demi suksesnya belajar siswa. Lingkungan ini mencakup lingkungan
fisik, lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan psikologis pada waktu
PBP berlangsung.
Ø OUTPUT
·
UMPAN BALIK (FEEDBACK)
Setelah mempelajari
& dapat penngetahuan dari pengajar, peserta diharapkan mampu memahami
materi apa saja yang di berikan dari pengajar,dan tentu juga peserta dapat
menguasai dan di aplikasi kan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut
terjadi maka sudah terjadilah (feedback) antara input dan output.
KESIMPULAN
Pembelajaran
merupakan suatu sistem karena dalam proses tersebut dibutuhkan komponen-
komponen yang dapat saling mendukung. Misalnya,dalam proses belajar selain
dibutuhkan seorang tenaga pendidik,juga dibutuhkan peserta didik(ada yang
diajar dan ada yang mengajar).Kerja sama antara keduanya pun saling
berkesinambungan, seperti siswa membutuhkan ilmu dan guru menularkan
ilmu.Selain komponen tersebut,dibutuhkan pula fasilitas-fasilitas yang dapat
menunjang keberlangsungan proses KBM, seperti meja,kursi, peralatan
laboratorium,buku-buku yang dapat memenuhi prose KBM,dll. Kesemuanya itu saling
mendukung demi kelancaran proses pembelajaran. Apabila salah satu dari komponen
tersebut ada yang kurang maka akan mengganggu keberlangsungan proses
pembelajaran. Dengan demikian,pembelajaran merupakan suatu sistem.
AZMIRA MAULIDINA
1101617078
TEKNOLOGI PENDIDIKAN/C
Komentar
Posting Komentar